Visitors

Labels

Test Footer 1

OK

Category

Recent Post

bangkompas.blogspot.com

Template information

Random Post

bangkompas.blogspot.com

Teknik Komputer dan Jaringan

Test Footer

TKJ
Powered by Blogger.

Advertise

Popular Posts

Cara memecahkan masalah konektivitas TCP/IP dengan Windows XP


Ada alat yang dapat memberikan informasi yang berguna ketika Anda mencoba untuk menentukan penyebab masalah jaringan TCP/IP di bawah Microsoft Windows XP. Artikel ini berisi rekomendasi untuk menggunakan alat-alat ini untuk mendiagnosa masalah jaringan. Meskipun daftar ini tidak lengkap, daftar Apakah memberikan contoh yang menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakan alat ini untuk melacak masalah pada jaringan.



Alat-alat pemecahan masalah TCP/IP

Daftar berikut menunjukkan beberapa alat-alat diagnostik TCP/IP yang disertakan dengan Windows XP:



Dasar alat

  • Diagnostik Jaringan pada bantuan dan dukungan
    Berisi informasi terperinci tentang konfigurasi jaringan dan hasil tes otomatis.
  • Map sambungan jaringan
    Berisi informasi dan konfigurasi untuk semua jaringan koneksi komputer. Untuk menemukan map sambungan jaringan, klikMulai, klik Control Panel, lalu klikJaringan dan koneksi Internet.
  • IPConfig perintah
    Menampilkan TCP/IP Jaringan konfigurasi nilai saat ini, pembaruan, atau rilis, dinamis Host konfigurasi Protocol (DHCP) dialokasikan sewa dan tampilan, mendaftar, atau flush Nama Domain Name System (DNS).
  • Perintah ping
    Mengirim pesan ICMP Echo meminta untuk memverifikasi bahwa TCP/IP dikonfigurasi dengan benar dan bahwa sejumlah TCP/IP tersedia.

Alat tingkat lanjut

  • Nama host perintah
    Menampilkan nama komputer host.
  • Perintah nbtstat
    Menampilkan status saat ini NetBIOS atas TCP/IP sambungan, update cache nama NetBIOS, dan menampilkan nama-nama yang terdaftar dan lingkup ID.
  • Perintah PathPing
    Menampilkan jalan TCP/IP host dan paket kerugian di setiap router sepanjang jalan.
  • Perintah Route
    Menampilkan tabel routing IP dan menambahkan atau menghapus IP rute.
  • Perintah tracert
    Menampilkan jalan sejumlah TCP/IP.
Untuk melihat sintaks perintah yang benar untuk menggunakan dengan masing-masing alat-alat ini, ketik -? pada prompt perintah setelah nama perangka



Windows XP Professional alat

Windows XP Professional berisi alat tambahan berikut:
  • Peraga Peristiwa
    Records sistem kesalahan dan aktivitas.
  • Manajemen komputer
    Perubahan jaringan antarmuka driver dan komponen lainnya.

Pemecahan Masalah

Prosedur yang Anda gunakan untuk mengatasi masalah TCP/IP tergantung pada tipe sambungan jaringan yang Anda gunakan dan masalah konektivitas yang Anda alami.

Otomatis pemecahan masalah

Untuk sebagian besar masalah yang melibatkan konektivitas Internet, mulai dengan menggunakan alat diagnostik jaringan untuk mengidentifikasi sumber masalah. Untuk menggunakan diagnostik jaringan, ikuti langkah berikut:
  1. Klik mulai menjalankan, dan kemudian klik Bantuan dan dukungan.
  2. Klik link untuk Menggunakan alat untuk melihat informasi komputer dan mendiagnosis masalah, dan kemudian klikDiagnostik jaringan di daftar di sebelah kiri.
  3. Ketika Anda mengklik Scan sistem Anda, diagnostik jaringan mengumpulkan informasi konfigurasi dan melakukan otomatis pemecahan masalah sambungan jaringan.
  4. Ketika proses selesai, mencari item yang ditandai "Gagal" merah, memperluas kategori tersebut, dan kemudian melihat rincian tambahan tentang apa pengujian menunjukkan.
Anda bisa menggunakan informasi tersebut untuk menyelesaikan masalah atau Anda dapat memberikan informasi untuk profesional dukungan jaringan untuk bantuan. Jika Anda membandingkan tes yang gagal dengan dokumentasi di bagian pemecahan masalah Manual nanti dalam artikel ini, Anda dapat menentukan sumber masalah. Untuk menafsirkan hasil untuk TCP/IP, buka bagian adapter jaringan hasil, dan kemudian memperluas adaptor jaringan yang gagal pengujian. 

Anda juga dapat memulai antarmuka diagnostik jaringan secara langsung dengan menggunakan perintah berikut:
netsh diag gui

Pemecahan masalah manual

Secara manual memecahkan masalah konektivitas TCP/IP Anda, gunakan metode berikut dalam urutan bahwa mereka muncul:

Metode 1: Gunakan alat IPConfig untuk memverifikasi konfigurasi


Untuk menggunakan alat IPConfig untuk memverifikasi konfigurasi TCP/IP di komputer yang mengalami masalah, klik mulai, klikmenjalankan, dan kemudian ketik cmdAnda sekarang dapat menggunakan perintah ipconfig untuk menentukan informasi konfigurasi komputer host, termasuk alamat IP, default gateway dan subnet mask.

Parameter IPConfig / all menghasilkan laporan rinci konfigurasi untuk semua antarmuka, termasuk adapter akses jauh. Anda dapat mengarahkan IPConfig output ke file untuk menyisipkan output ke dokumen lain. Untuk melakukannya, ketik:
ipconfig > \folder_name\berkas_name
Output menerima nama berkas yang ditentukan dan disimpan dalam folder tertentu.

Anda dapat meninjau output IPConfig untuk mengidentifikasi isu-isu yang ada di konfigurasi jaringan komputer. Misalnya, jika komputer secara manual dikonfigurasi dengan alamat IP yang duplikat alamat IP yang ada yang sudah terdeteksi, subnet mask muncul sebagai 0.0.0.0.

Jika alamat IP lokal kembali sebagai 169.254.y.z dengan subnet mask 255.255.0.0, alamat IP yang ditugaskan oleh fitur pribadi IP pengalamatan otomatis (APIPA), Windows XP Professional. Penetapan ini berarti bahwa TCP/IP dikonfigurasi untuk konfigurasi otomatis, yang server DHCP tidak ditemukan, dan bahwa tidak ada konfigurasi alternatif ditentukan. Konfigurasi ini telah tidak ada gateway default untuk antarmuka. 

Apabila alamat IP lokal kembali sebagai 0.0.0.0, DHCP Media Sensing mengesampingkan fitur diaktifkan karena adapter jaringan terdeteksi karena kurangnya sambungan ke jaringan, atau TCP/IP terdeteksi alamat IP yang duplikat alamat IP yang dikonfigurasi secara manual.

Jika Anda tidak mengidentifikasi masalah apapun dalam konfigurasi TCP/IP, lanjutkan ke metode 2.

Metode 2: Gunakan Ping alat untuk menguji konektivitas Anda


Jika Anda tidak mengidentifikasi masalah apapun dalam konfigurasi TCP/IP, menentukan apakah komputer dapat tersambung ke komputer host lain pada jaringan TCP/IP. Untuk melakukannya, gunakan alat Ping.

Ping alat membantu Anda memverifikasi konektivitas tingkat-IP. Perintah ping mengirim pesan ICMP Echo Request ke host tujuan.Gunakan Ping setiap kali Anda ingin memastikan bahwa komputer host dapat mengirim paket IP ke host tujuan. Anda juga dapat menggunakan Ping untuk memisahkan masalah perangkat keras jaringan dan konfigurasi yang tidak kompatibel.

Catatan Jika Anda menjalankan ipconfig/all perintah, dan konfigurasi IP muncul, Anda tidak perlu melakukan ping alamat loopback dan alamat IP Anda sendiri. IPConfig sudah telah melakukan tugas-tugas ini untuk menampilkan konfigurasi. Saat Anda memecahkan masalah, lakukan verifikasi bahwa rute yang ada antara komputer lokal dan jaringan host. Untuk melakukannya, gunakan perintah berikut:
Ping Alamat IP
Catatan Alamat IP adalah alamat IP dari jaringan host yang ingin Anda terhubung ke.

Untuk menggunakan perintah ping , ikuti langkah berikut:
  1. Ping alamat loopback untuk memverifikasi bahwa TCP/IP terinstal dan terkonfigurasi dengan benar pada komputer lokal.Untuk melakukannya, ketik perintah berikut:
    Ping 127.0.0.1
    Jika tes loopback gagal, yang IP tumpukan tak merespon. Masalah ini dapat terjadi jika salah satu atau lebih kondisi berikut benar:
    • Driver TCP rusak.
    • Adapter jaringan tidak bekerja.
    • Layanan lain campur dengan IP.
  2. Ping alamat IP komputer lokal untuk memverifikasi bahwa komputer dengan benar ditambahkan ke jaringan. Jika tabel routing benar, prosedur ini hanya meneruskan paket ke alamat loopback 127.0.0.1. Untuk melakukannya, ketik perintah berikut:
    Ping Alamat IP host lokal
    Jika tes loopback berhasil, tetapi Anda tidak bisa ping alamat IP lokal, mungkin ada masalah dengan tabel routing atau dengan driver adaptor jaringan.
  3. Ping alamat IP gateway default untuk memverifikasi bahwa gerbang default bekerja dan bahwa Anda dapat berkomunikasi dengan host lokal pada jaringan lokal. Untuk melakukannya, ketik perintah berikut:
    Ping Alamat IP default gateway
    Jika ping gagal, Anda mungkin memiliki masalah dengan adapter jaringan, perangkat router atau gateway, pengkabelan atau hardware konektivitas lainnya.
  4. Ping alamat IP remote host untuk memverifikasi bahwa Anda dapat berkomunikasi melalui router. Untuk melakukannya, ketik perintah berikut:
    Ping Alamat IP remote host
    Jika gagal ping, remote host tidak akan menanggapi, atau mungkin ada masalah dengan piranti keras jaringan antara komputer. Untuk menyingkirkan host remote tidak responsif, menggunakan Ping lagi ke host jauh berbeda.
  5. Ping nama host remote host untuk memverifikasi bahwa Anda dapat menetapkan nama remote host. Untuk melakukannya, ketik perintah berikut:
    Ping Nama host remote host
    Ping menggunakan resolusi nama untuk menetapkan nama komputer ke alamat IP. Oleh karena itu, jika Anda berhasil ping alamat IP tetapi Anda tidak bisa ping nama komputer, ada masalah dengan resolusi nama host, bukan dengan konektivitas jaringan. Verifikasi bahwa alamat DNS server dikonfigurasi untuk komputer, baik secara manual di properti TCP/IP, atau dengan penetapan otomatis. Jika alamat server DNS yang tercantum ketika Anda mengetik ipconfig/all perintah, mencoba untuk ping alamat server untuk memastikan bahwa mereka dapat diakses.
Jika Anda tidak dapat menggunakan Ping berhasil pada setiap titik, memeriksa konfigurasi berikut:
  • Pastikan bahwa alamat IP komputer lokal sah dan bahwa ini benar pada tab Umum dari kotak dialog Properti Protokol Internet (TCP/IP) atau bila digunakan dengan alat Ipconfig.
  • Pastikan bahwa default gateway dikonfigurasi dan bahwa hubungan antara host dan default gateway bekerja. Untuk tujuan pemecahan masalah, pastikan bahwa hanya satu default gateway dikonfigurasi. Meskipun Anda dapat mengkonfigurasi lebih dari satu gateway default, Gateway setelah gateway pertama hanya digunakan jika IP stack menentukan bahwa gerbang asli tidak bekerja. Tujuan dari pemecahan masalah adalah untuk menentukan status pertama Gateway dikonfigurasi. Oleh karena itu, Anda dapat menghapus semua Gateway lain untuk menyederhanakan tugas Anda.
  • Pastikan bahwa keamanan Protokol Internet (IPSec) tidak diaktifkan. Tergantung pada kebijakan IPSec, paket Ping dapat diblokir atau mungkin memerlukan keamanan. Untuk informasi lebih lanjut tentang IPSec, pergi ke metode 7: memverifikasi Protokol Internet security (IPSec).
Penting Jika komputer jauh yang Anda ping berada di seberang link penundaan tinggi, seperti link satelit, respons mungkin memakan waktu lebih lama. Anda dapat menggunakan parameter -w (menunggu) untuk menentukan jangka waktu lebih lama daripada default timeout empat detik.

Metode 3: Gunakan alat PathPing untuk memverifikasi rute


Alat PathPing mendeteksi kerugian paket atas path hop-multi. Menjalankan analisis PathPing untuk remote host untuk memverifikasi bahwa router dalam perjalanan ke tujuan yang beroperasi dengan benar. Untuk melakukannya, ketik perintah berikut:
PathPing Alamat IP remote host
Metode 4: Gunakan alat Arp untuk menghapus ARP cache


Jika Anda dapat ping alamat loopback (127.0.0.1) dan alamat IP Anda, tetapi Anda tidak bisa ping alamat IP lain, gunakan alat Arp untuk membersihkan cache alamat Resolution Protocol (ARP). Untuk melihat entri cache, ketik salah satu dari perintah berikut:
ARP -

ARP -g
Untuk menghapus entri, ketik perintah berikut:
ARP -d Alamat IP
Untuk membersihkan ARP cache, ketik perintah berikut:
menghapus netsh antarmuka ip arpcache
Metode 5: Verifikasi default gateway


Alamat gateway harus berada pada jaringan yang sama sebagai host lokal. Jika tidak, pesan dari komputer host tidak dapat diteruskan luar jaringan lokal. Jika alamat gateway pada jaringan yang sama sebagai host lokal, pastikan bahwa alamat gateway default benar. Pastikan bahwa gerbang default router, bukan hanya sebuah host. Dan pastikan bahwa router diaktifkan untuk maju datagram IP.

Metode 6: Gunakan alat Tracert atau alat rute untuk memverifikasi komunikasi


Jika default gateway merespon dengan benar, ping remote host untuk memastikan bahwa komunikasi jaringan-jaringan bekerja dengan benar. Jika komunikasi tidak bekerja dengan benar, gunakan alat Tracert untuk melacak jalur tujuan. Untuk router IP yang berbasis Microsoft Windows 2000 atau komputer berbasis Microsoft Windows NT 4.0, gunakan alat rute atau Perutean dan akses jauh snap-in untuk melihat tabel routing IP. Untuk router IP lain, menggunakan alat tepat Ruangan Khusus vendor atau Fasilitas untuk memeriksa tabel routing IP.

Paling sering, Anda menerima pesan galat empat berikut ketika Anda menggunakan Ping selama pemecahan masalah:
TTL kadaluarsa dalam Transit
Pesan kesalahan ini berarti bahwa jumlah hop diperlukan melebihi waktu Live (TTL). Untuk meningkatkan TTL, dengan menggunakanping -i perintah. Routing loop mungkin ada. Gunakan perintah Tracert untuk menentukan apakah router misconfigured telah menyebabkan routing loop.
Host tujuan tidak terjangkau
Pesan kesalahan ini berarti bahwa tidak ada rute lokal atau jauh yang ada untuk host tujuan di host yang mengirim atau di router.Memecahkan masalah host lokal atau tabel routing router.
Permintaan habis
Pesan kesalahan ini berarti bahwa pesan balasan Echo tidak diterima di masa timeout Ruangan Khusus. Secara default, tempoh timeout ditunjuk adalah empat detik. Gunakan perintah ping -w untuk meningkatkan batas waktu.
Ping permintaan tidak dapat menemukan host
Pesan kesalahan ini berarti bahwa nama host tujuan tidak dapat diselesaikan. Pastikan nama dan ketersediaan server DNS atau WINS.

Metode 7: Memverifikasi keamanan Protokol Internet (Ipsec)


IPSec dapat meningkatkan keamanan pada jaringan, tetapi mengubah konfigurasi jaringan atau memecahkan masalah lebih sulit.Kadang-kadang, kebijakan IPSec membutuhkan komunikasi yang aman di komputer berbasis Windows XP Professional.Persyaratan ini dapat membuat sulit untuk terhubung ke remote host. Jika IPSec dilaksanakan secara lokal, Anda dapat mematikan Layanan IPSEC layanan di snap-in layanan.

Jika kesulitan berakhir ketika Anda berhenti Layanan IPSec, kebijakan IPSec baik memblokir lalu lintas atau memerlukan keamanan untuk lalu lintas. Tanyakan keamanan administrator untuk mengubah kebijakan IPSec.

Metode 8: Memverifikasi paket penyaringan


Karena kesalahan dalam paket penyaringan, resolusi alamat atau konektivitas mungkin tidak bekerja. Untuk menentukan apakah opsi sumber masalah jaringan, matikan opsi TCP/IP. Untuk melakukannya, ikuti langkah berikut:
  1. Klik mulai, klik Control Panel, klik Jaringan dan sambungan Internet, dan kemudian klik Sambungan jaringan.
  2. Klik kanan sambungan area lokal yang Anda ingin memodifikasi, dan kemudian klik Properti.
  3. Pada tab Umum , dalam daftar sambungan ini menggunakan unsur berikut , klik Internet Protocol (TCP/IP), dan kemudian klik Properti.
  4. Klik lanjutan, dan kemudian klik tab pilihan .
  5. Di kotak dialog Pengaturan opsional , klik TCP/IP penyaringan, dan kemudian klik tab Properti .
  6. Klik untuk mengosongkan kotak centang Mengaktifkan TCP/IP penyaringan (semua adapter) , dan kemudian klik OK.
Untuk ping alamat, menggunakan nama DNS, nama komputer NetBIOS atau alamat IP-nya. Jika ping berhasil, opsi penyaringan paket mungkin misconfigured atau terlalu ketat. Sebagai contoh, penyaringan dapat memungkinkan komputer untuk bertindak sebagai Web server, namun, untuk melakukan hal ini, penyaringan dapat mematikan alat seperti administrasi jauh. Untuk memulihkan luas opsi penyaringan yang dibolehkan, mengubah nilai-nilai yang diizinkan untuk TCP port, UDP port dan protokol IP.

Metode 9: Memverifikasi sambungan ke server tertentu


Untuk menentukan penyebab masalah konektivitas ketika Anda mencoba untuk menyambung ke server tertentu melalui koneksi NetBIOS berbasis, gunakan perintah nbtstat - n pada server untuk menentukan apa nama server terdaftar pada jaringan.

Perintah nbtstat - n output daftar beberapa nama yang telah terdaftar oleh komputer. Daftar ini akan mencakup nama yang terlihat mirip dengan nama komputer yang dikonfigurasi pada tab Nama komputer di bawah sistem di Panel kontrol. Jika tidak, coba salah satu nama unik lainnya yang menampilkan perintah nbtstat .

Alat Nbtstat juga dapat menampilkan entri cache untuk komputer jarak jauh dari #PRE entri dalam berkas Lmhosts atau dari nama-nama baru diselesaikan. Jika nama yang komputer remote menggunakan untuk server yang sama, dan komputer lain pada sub-jauh, pastikan bahwa komputer lain memiliki komputer pemetaan nama ke alamat berkas Lmhosts atau WINS server mereka.

Metode 10: Memverifikasi sambungan jauh


Untuk menentukan mengapa TCP/IP sambungan ke komputer jauh berhenti merespons, gunakan perintah netstat - untuk menunjukkan status semua aktivitas untuk TCP dan UDP port pada komputer lokal.

Biasanya, koneksi TCP yang baik menunjukkan byte 0 dalam antrian dikirim dan diterima . Jika data diblokir di antrian baik atau keadaan antrian tidak teratur, sambungan mungkin rusak. Jika data tidak diblokir, dan keadaan antrian khas, Anda mungkin mengalami penundaan jaringan atau program.

Metode 11: Menggunakan rute alat untuk memeriksa tabel routing


Untuk dua host untuk bertukar datagram IP, kedua host harus memiliki rute ke satu sama lain, atau mereka harus menggunakan gateway default yang memiliki rute. Untuk melihat tabel routing pada host berbasis Windows XP, ketik perintah berikut:
rute cetak
Metode 12: Gunakan alat Tracert untuk memeriksa jalan


Tracert mengirim pesan permintaan gema ICMP yang memiliki nilai-nilai secara bertahap lebih tinggi di bidang TTL header IP untuk menentukan jalan dari satu host ke yang lain melalui jaringan. Kemudian Tracert menganalisis pesan ICMP yang dikembalikan.Dengan Tracert, Anda dapat melacak jalan dari router ke router untuk sampai dengan 30 hop. Jika router telah gagal, atau paket dirutekan ke loop, Tracert mengungkapkan masalah. Setelah Anda menemukan masalah router, Anda dapat menghubungi router administrator jika router offsite, atau Anda dapat mengembalikan router ke status yang berfungsi penuh jika router berada di bawah kendali Anda.

Metode 13: Memecahkan Gateway


Jika Anda menerima pesan galat berikut selama konfigurasi, menentukan apakah default gateway terletak di jaringan logis yang sama adapter jaringan komputer:
Gateway default Anda bukan milik salah satu antarmuka dikonfigurasi
Bandingkan jaringan ID bagian dari alamat IP gateway default dengan jaringan id adapter jaringan komputer. Secara khusus, verifikasi bahwa sama bitwise logis dan alamat IP dan subnet mask dengan bitwise logis dan default gateway dan subnet mask.

Sebagai contoh, komputer yang memiliki adaptor jaringan tunggal yang dikonfigurasi dengan alamat IP 172.16.27.139 dan subnet mask 255.255.0.0 harus menggunakan gateway default dalam bentuk 172.16.y.z. ID jaringan untuk antarmuka IP ini adalah 172.16.0.0.

Sumber daya tambahan

Sumber daya berikut berisi informasi tambahan tentang cara memecahkan masalah Microsoft TCP/IP:

Lihat topik "Konfigurasi TCP/IP" dalam dokumentasi Kit sumber daya Microsoft Windows XP Professional.

Lihat "Pendahuluan untuk TCP/IP" dalam Panduan jaringan TCP/IP inti dari Windows 2000 Server Resource Kit Microsoft untuk informasi umum tentang protokol TCP/IP.

Lihat "Unicast Routing Ikhtisar" dalam Panduan Internetworking dari Windows 2000 Server Resource Kit Microsoft untuk informasi lebih lanjut tentang prinsip-prinsip routing.

Lihat "TCP/IP Troubleshooting" dalam Panduan jaringan TCP/IP inti dari Windows 2000 Server Resource Kit Microsoft untuk informasi lebih lanjut tentang penyaringan paket IP.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Cara memecahkan masalah konektivitas TCP/IP dengan Windows XP. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bangkompas.blogspot.com/2013/04/cara-memecahkan-masalah-konektivitas.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Bang COPAS - Saturday, April 13, 2013

Belum ada komentar untuk "Cara memecahkan masalah konektivitas TCP/IP dengan Windows XP"

Post a Comment